Kamis, 15 September 2011

SEO Samurai Dijual?

Entah kenapa beberapa hari ini terlintas dalam pikiran untuk menjual seo samurai di flippa. Aku mungkin mulai jenuh atau stuck karena posisi nya di search engine google uk tidak kunjung membaik dari posisi 10 besar untuk kata kunci seo services. Posisi itu seingat ku sudah aku peroleh beberapa bulan lalu, semenjak penyederhanaan title tags, dan juga high quality backlinks. Memang terus terang, setelah itu aku jarang sekali melakukan seo campaign untuk meningkatkan posisi seo samurai. Aku agak jenuh.

Selain alasan itu, aku juga mulai suntuk karena salah satu goal utama, yaitu mengerjakan projek seo, belum juga pecah telor. Memang sudah banyak yang menghubungi via email menanyakan tentang jasa seo services ini, tentang harga, layanan, keywords dan hal-hal lain yang terkait dengan services seo. Tapi sayang, hingga saat ini belum ada satu pun dari mereka yang mempercayakan seo campaign situsnya kepada seo samurai. Aku tak tahu apa sebabnya, yang jelas setiap kali aku jawab email calon client, selalu saja ga ada respon balik. Bahkan aku biasanya mengkonfirmasi ulang tentang email tersebut tetapi tetap saja nihil, tanpa jawaban. Aku ga tau apa mungkin karena bahasa inggris aku yang minim, atau karena jawabanku yang kurang meyakinkan, atau mungkin faktor harga yang kurang menarik bagi calon-calon klien itu. Yang jelas sampai detik ini belum ada satupun projek seo (full seo) aku kerjakan. Hanya ada beberapa klien yang kadang kala beli blogpost dan homepage links. Dan itu belum banyak serta sifatnya temporer (walaupun cukup menyita waktu juga karena semua aku kerjakan sendiri). Paling tidak, dua alasan itu yang membuat aku terpikir untuk menjual seo samurai. Dalam keraguan, aku coba meminta saran dan pendapat beberapa teman sbb:

Masukan Teman-Teman SEO Inverse

Aku meminta pendapat teman-teman di group seo inverse tentang rencana menjual seo samurai. Sebagian dari mereka menyarankan untuk tidak menjualnya dengan beberapa alasan. Alasan pertama, usulan dari bro Nathan untuk membuat jaringan first page SERP sites (jaringan situs-situs yang ada di halaman pertama serp dengan kata kunci tertentu). Tujuannya antara lain untuk saling menguatkan posisi dan menawarkan jasa SERP BUMP. Jaringan ini katanya mempunyai prospek yang bagus untuk seo. Usulan lain dari seorang teman, adalah memperbaiki manajemen kerja antara lain merekrut seorang asisten untuk menangani pekerjaan rutin seperti merapikan list blogs, membagikan job links and blogpost kepada blogger, memesan artikel dll. Tugas owner adalah fokus pada kegiatan mencari klient baik via optimasi serp, email marketing, social media dll.

Pendapat Seorang Klien

Aku juga meminta pendapat dari klien amerika tentang hal ini. Klien yang sudah aku anggap sebagai seorang mentor. Beberapa masukan darinya a.l:
  1. Kalau memang mau menjual situs itu, sebaiknya jangan di flippa. Lebih baik menghubungi perusahaan seo services di UK yang sudah establish. Karena bergerak dalam industri yang sama, diharapkan mereka akan lebih tertarik dan memberikan penawaran yang tinggi. Tentunya dengan menunjukkan kelebihan situs seo samurai seperti traffic dan juga leads. Bagi perusahaan besar, traffic dan leads sangat berarti karena mereka punya kemampuan lebih untuk memaksimalkannya menjadi klien.
  2. Menawarkan jasa premium backlinks kepada perusahaan seo. Hal ini sangat memungkinkan karena punya kesamaan niche dan juga posisinya di serp yang sangat bagus.
  3. Mengoptimalkan pendapatan melalui adsense. Sambil terus berusaha mendapatkan klien seo, adsense bisa dicoba untuk paling tidak mengganti ongkos operasional situs. Karena situs ini niche nya specifik, kemungkinan nilai CPC nya akan lebih tinggi.

Dari banyak masukan tersebut, aku kembali memikirkan tentang rencana penjualan seo samurai. Kayaknya aku memang harus bersabar dan berusaha lebih lagi untuk terus mendevelop situs tersebut. Tidak ada sesuatu yang instant. Umur situs itu memang sudah hampir satu tahun. Dan sejauh ini masih cukup layak untuk dipertahankan karena posisinya yang bagus, pagerank nya yang lumayan, dan juga sudah ada job-job partial yang lumayan (walaupun memang belum ada full seo klien). Aku harus terus berusaha sambil juga memperbaiki dan mempersiapkan segala sesuatunya kalo-kalo suatu saat nanti klien benar-benar meminta bantuan jasa seo serviceku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar