Minggu, 16 Oktober 2011

7 Faktor Yang Sangat Penting Pada On-Page SEO


Ini masih merupakan serial kelanjutan dari on-page seo yang digunakan oleh SEOmoz dalam menganalisis suatu web. Secara keseluruhan nanti akan ada 5 faktor menurut level "penting tidaknya" suatu hal dalam on-page seo, yaitu:

  1. Faktor Kritis (sudah publish)
  2. Faktor Yang Sangat Penting
  3. Faktor Yang Cukup Penting
  4. Faktor Yang Juga Penting
  5. Faktor Optional

Faktor kritis on-page seo sudah aku posting sebelum postingan ini, yang meliputi 4 hal yaitu a). accessible to engines, b). broad keyword usage in document, c). broad keyword usage in page title dan d). appropriate use of rel canonical. Sekali lagi keempat hal tersebut merupakan suatu hal yang dasar dan mutlak sangat penting kalau web kita ingin terindex dengan baik di search engine. Sekarang mari kita beralih ke faktor kedua, yaitu faktor yang sangat penting dalam on-page seo.


Ada 7 faktor dari bagian ini, yang pertama adalah Appropriate Keyword Usage in Document, penggunaan keyword secara tepat dalam situs. Kita tahu bahwa konten / isi / artikel merupakan hal yang sangat penting dalam seo modern, bahkan banyak yang bilang bahwa konten is the king. Oleh karena itu, penggunaan dan pengulangan kata kunci dalam suatu content juga sangat penting. Ada yang bilang, pengulangan kata kunci dalam suatu konten sebesar max 3% dari total jumlah kata dari konten dimaksud. Nah, dalam hal ini SEOmoz menganjurkan minimal menyebutkan kata kunci yang ditarget sebanyak 4 kali, dan tentunya tersebar secara merata dalam artikel (baca lagi di faktor kritis).

Faktor kedua Avoid Keyword Stuffing in Document, hindari pengulangan kata kunci yang terlalu berlebihan. Pengulangan yang terlalu banyak justru akan berakibat negatif. Oleh karena itu sekali lagi gunakan kata kunci seperlunya, minimal 4 kali dan maksimal ada yang mengatakan 3%.

Faktor ketiga juga yang sangat penting adalah Avoid Keyword Stuffing in Page Title, hindari pengulangan kata kunci yang terlalu sering pada judul halaman. Pengulangan keyphrase yang melebih 2 kali dalam title tag sudah dianggap berlebihan, jadi jangan melakukan hal tersebut. Cukup sekali atau maksimal 2 kali saja ada kata kunci dalam title page.

Faktor keempat adalah Avoid Multiple Page Title Elements, mungkin madsudnya jangan sampai ada halaman yang mempunyai judul sama. Selain untuk kemudahan index, hal ini juga berpengaruh pada optimasi seo.

Faktor selanjutnya, yang kelima dan keenam, adalah Exact Keyword Usage in Page Title dan Keyword Placement in Page Title, kata kunci dan penempatannya yang tepat di judul halaman. Seperti kita ketahui bersama, bahwa judul halaman merupakan salah satu bagian utama yang dijadikan oleh mesin pencari untuk mengidentifikasi suatu halaman web dalam kaitannya dengan isi atau artikel di dalam halaman tersebut. Misalnya target kata kuncinya adalah seo services, maka dalam judul halaman, kata seo services harus ada, dan jangan dibalik menjadi services seo atau disisipi kata lain seo company services. Kata kunci tersebut juga harus diusahakan ada di bagian paling depan, misalnya seo services company uk, usa and australia, dan bukan affordable seo services company.

Terakhir, faktor yang sangat penting, adalah No More Than One Canonical URL Tag. Ini mirip dengan judul halaman, yaitu jangan sampai ada judul halaman yang sama. Canonical URL adalah URL yang ingin ditampilkan sebagai URL authority, URL yang dilihat oleh visitor dan juga search engine. Untuk homepage seo samurai, canonical url nya adalah www.seosamurai.net (pakai www) bukan seosamurai.net, bukan juga www.seosamurai.net/index.htm, bukan juga www.seosamurai.net/home.asp. Terus terang aku kurang paham dengan masalah canonical ini, yang pasti untuk amannya aku buat settingan di wp dashboard >> setting >> general dan all in one seo seperti gambar berikut:



 Ok, itu dia 7 faktor yang sangat penting dalam on-page seo. Kita akan lanjut lagi pada postingan selanjutnya tentang faktor yang cukup penting dalam seo onpage. BTW, saat ini, seo samurai sudah kembali lagi ke halaman satu google.co.uk untuk kata kunci seo services, halaman satu juga dengan kiwod affordable seo services. Alhamdulillah, berarti usaha kembali meraih hati google udah muali berhasil. Moga bisa bertahan dan dapat lebih banyak visitor lagi. Amin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar