Selasa, 11 Oktober 2011

4 Faktor Kritis Pada On-Page SEO

Sudah sejak lama aku ingin sekali mencoba tools SEO nya seomoz. Aku melihat bahwa seomoz merupakan salah satu company terbaik di bidang seo software dan beberapa waktu ini aku juga sering melihat iklannya di google adsense. Aku juga beberapa kali baca postingan di blog seo moz khususnya whiteboard friday nya Rand. Dan baru bulan ini aku berkesempatan mencoba free trial nya seomoz tools. Banyak hal yang ada di dalam nya, tapi kali ini aku cuma ingin menulis tentang 4 critical factors dalan on-page seo sebelum melangkah lebih jauh untuk mengoptimasi web. Walaupun hal ini sudah umum, tapi karena sangat penting dan harus mutlak benar, seomoz tool menempatkannya pada urutan pertama di on-page reportnya. Aku sudah cek situs seo samurai dan hasilnya ok untuk keempat faktor ini.

Menurut tools itu, faktor pertama adalah accessible to engines. Tentu hal ini mutlak karena kalau suatu web tidak bisa diakses atau dicrawl atau diindex oleh search engine maka web tsb tidak mungkin akan muncul di serp dan tentunya tidak akan memperoleh trafik dari mesin pencari. Cara setting web supaya bisa diakses oleh mesin pencari
bisa dengan mudah dilakukan, bahkan biasanya sudah otomatis saat kita install wordpress (aku hanya familiar dengan wp). Cara ngecek nya bisa dilihat di dashboard >> setting >> privacy >> pilih yang "I would like my site to be visible to everyone, including search engines (like Google, Bing, Technorati) and archivers". Pada versi wp tertentu, settingan ini pernah dibuat default ke pilihan kedua "I would like to block search engines, but allow normal visitors", tentu pilihan ini akan berakibat web kita tidak bisa muncul di serp. Jadi pastikan pilihan pertama yang diambil.


Faktor kritis kedua dalam on-page seo adalah Broad Keyword Usage in Document. Maksudnya adalah penggunaan target kata kunci pada isi/content yang dilakukan dengan acak, tersebar di paragraf dan bervariasi. Misalnya untuk seo samurai, aku mentarget seo services di halaman utama, keyword ini aku ulang beberapa kali dan aku variasikan dengan keyword lain seperti seo company dan affordable seo services. Sekali lagi, penggunaan kata kunci yang ditarget sangat penting, karena baik search engine maupun user akan mencari kata kunci yang dimaksudkannya.

Faktor berikutnya yang juga tak kalah penting adalah Broad Keyword Usage in Page Title, penggunaan target kata kunci di judul halaman. Mesin pencari masih menganggap bahwa judul halaman merupakan tempat yang penting untuk mengidentifikasi target kata kunci dan kemudian mengaitkannya dengan isi/topik halaman dimaksud. Menurut seomoz, posisi di serp sangat terkait dengan penggunaan title tag secara tepat. Untuk page title ini, aku memilih: affordable seo services | seo company uk, usa, australia di halaman utama dengan alasan bahwa target kata kunci nya adalah seo services, affordable seo services dan seo company. Berdasarkan pertimbangan lain dari seomoz, aku sekarang menghilangkan kata affordable dari halaman utama karena target kata kunci affordable seo services ada di dalam subpage lain i.e. http://www.seosamurai.net/affordable-seo-services.htm. Ini juga dimaksudkan agar kata kunci utama yaitu seo services berada di bagian paling depan dari title page utama. Settingan judul utama ada di dashboard >> setting >> general, sedangkan untuk setting halaman dalam aku menggunakan all in one seo.

general setting

all in one seo setting



Faktor terakhir adalah Appropriate Use of Rel Canonical. Terus terang aku kurang begitu paham dengan faktor ini. Aku tidak pernah mengutak-atik masalah rel canonical dan membiarkannya sesuai default wp (gambar di atas). Dan hasilnya sudah ok menurut tools itu.

Ok itu saja update kali ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar